Halo,
Swift Lover! kali ini admin mau ngasih tau kekalian gimana caranya pake pivot table di Ms. Excel. Pivot Table ini salah satu fasilitas yang bisa digunakan untuk
menganalisis data yang fungsinya sebagai filter dari sebuah data besar
yang memiliki banyak variabel yang ingin kita cari bagian tertentunya
saja. Syarat untuk membuat Pivot Table, yaitu:
- Data kalian harus diatur dalam format bertabel, dan tidak memiliki
satu pun baris atau kolom kosong. Idealnya, kalian dapat menggunakan tabel
Excel.
- Tipe data dalam kolom harus sama. Misalnya, kalian tidak boleh mencampur tanggal dan teks di kolom yang sama.
- PivotTable berfungsi pada jepretan layar data, yang disebut dengan
cache, sehingga data aktual kalian tidak diubah dengan cara apa pun.
Langsung saja tanpa basa-basi lagi, berikut cara membuat Pivot Table:
- Siapkan dokumen data yang akan di buat Pivot Table nya
- Klik sel dalam sumber data atau rentang tabel.
- Masuk ke Insert > Tabel > PivotTable.
Jika kalian sedang menggunakan Excel untuk Mac 2011 dan yang sebelumnya, tombol PivotTable berada di tab Data dalam grup Analisis.
- Excel akan menampilkan dialog Buat PivotTable dengan nama rentang kalian atau tabel yang dipilih.
- Dalam bagian Pilih tempat yang ingin kalian gunakan untuk meletakkan
laporan PivotTable, pilih Lembar Kerja Baru, atau Lembar Kerja yang
Sudah Ada. Untuk Lembar Kerja yang Sudah Ada, kalian harus memilih baik
lembar kerja maupun sel yang ingin digunakan untuk meletakkan
PivotTable.
- Jika ingin menyertakan beberapa tabel atau sumber data di PivotTable kalian, klik kotak centang Tambahkan data ini ke Model Data .
- Klik OK, lalu Excel akan membuat PivotTable kosong, dan menampilkan daftar Bidang PivotTable .
0 Komentar